Jumat, 11 November 2011

Nur Muhammad Yang Terpuji.

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatu

Amanah... adalah yang seharusnya mereka sadari, bahwa pada setiap diri manusia telah ditempatkan Amanah-Nya yaitu kekasih-Nya Muhammad Rasulullah SAW, karena HANYA dengan rasul itu, maka semua manusia mendapat petunjuk dan keselamatan.kesadaran manusia pada umumnya hanya sekedar merasakan bahwa "saya telah memahami" hanya karena ia pernah mendengar seorang ustadz berceramah dengan menyebut-nyebut kata Rasul, Muhammad, Tuhan, Allah, Spiritual, Tauhid, hakikat ataupun kata ma'rifat. Sangat naif sekali, kalau hanya dengan demikian sudah merasa sampai.

Yang perlu difahami bahwa : Allah kekal, demikian juga kekasih-Nya (Muhammad Rasulullah SAW) pasti kekal. dengan memiliki pemahaman seperti itu, maka relung pikiran kita baru bisa mulai berpikir tentang kekekalan tersebut.dalam sebuah hadits dikatakan :

MUHAMMAD AWAL bersifat Nurani, (cahaya)
ia dikenal dengan sebutan AHMAD NURANI (hadits lainnya: "anaa min nurrillahi wal 'alamu min nurri"

artinya kata Muhammad : Aku dari nur Allah sedangkan alam semesta dari Nurku)
MUHAMMAD AKHIR bersifat Ruhani,(ruh) ia dikenal dengan sebutan MUHAMMAD RUHANI (hadits lainnya: "anaa abul arwah wal adam abul jasad" artinya kata Muhammad : Aku sumber segala ruh dan adam sumber segala jasad)

MUHAMMAD DHAHIR (LAHIRIYAH) bersifat Insani (manusia)ia dikenal dengan sebutan MUHAMMAD INSANI, lahir di Makkah dan bersembunyi di Madinah al Munawarah (QS. Al Kahfi akhir: "Qul innama anaa basharun mitslukum" artinya, katakan bahwa AKU ini manusia seperti kamu)

MUHAMMAD BATHIN (QAIB) bersifat Rabbani (ketuhanan)ia dikenal dengan sebutan

MUHAMMAD RABBANI, (hadits lainnya: "anaa 'arab bilaa 'ain wa anaa ahmad bilaa mim, artinya 'Arab tanpa 'ain berarti menjadi RABB dan ahmad tanpa mim berarti menjadi AHAD), karena pada maqam bathin identitas Muhammad itu lenyap kedalam identitas yang maha esa.

Disini dapat dilihat bahwa Rasul Muhammad telah memenuhi seluruh waktu dan tempat, pengejawatahan-Nya kedalam format Rasul Muhammad adalah bentuk kasih sayang-Nya kepada manusia dan jin agar mereka mudah mengenal-Nya.

kepangkatan Rasul Muhammad lebih merupakan gerbang (portal) untuk mengakses ke wilayah ketuhanan-Nya Allah SWT. banyak faham mengabaikan tangga ini, andaikan saja mereka mau rendah hati dan menengok kedalam permasalahan ini dengan hati hidayat-Nya, maka mereka akan tersenggukan menahan tangisan kerinduan kepada-Nya.
Wamaa arsalnaaka ila kaafatan lin-naasi bashiiran wanadhiira walakinna aktsaranaasi laya'lamuun, artinya : Sesungguhnya engkau (Rasul Muhammad SAW) telah diutus untuk SEMUA manusia, untuk memberi sesuatu yang baik maupun yang buruk, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahui engkau (wahai Rasul Muhammad SAW).
inilah amanah tersebut. barang siapa mencari jalan kepada Allah dengan tanpa melalui Rasul Muhammad yang berada selalu pada dirinya, maka jangan harapkan akan sampai kepada-Nya.
Wasalam

Tidak ada komentar: